Jumat, 28 Oktober 2016

Bank Sampoerna "TASAKU" Tabungan Unik dan Layanan Mudah di Alfamart dan Alfamidi



Di era digital dan sarat tehnologi ini sebenarnya transaksi menjadi lebih mudah dan bisa menghemat waktu dan biaya. Beberapa kegiatan ekonomi sudah dilakukan oleh Instansi atau Perusahaan dalam memudahkan transaksi seperti : Tagihan Listrik, Tagihan Telepon dan Pembelian Pulsa. Tentu saja transaksi seperti ini sangat praktis dan saling menguntungkan antara Perusahaan Produk dan Konsumen.

Adalah Bank Sahabat Sampoerna (BSS) melihat ini sebagai salah satu cara untuk membuat plot project bagi pengembangan perbankan dalam menjaring nasabah. Sebagaimana keadaan masyarakat Indonesia yang sebagian kurang faham tentang perbankan maka BSS mengambil terobosan dengan membuat Project  bernama Produk TASAKU  yaitu salah satu produk tabungan untuk masyarakat menengah kecil dengan menabung melalui agen atau dengan kata lain masyarakat tak perlu repot ke Bank tapi cukup mendatangi agen dalam bertransaksi baik menyetor maupun mengambil saldo tabungan. Agen yang ditunjuk oleh BSS adalah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Pemilik jaringan Alfamart dan Alfamidi).


Tahap awal TASAKU yang berjalan selama periode April hingga Desember 2015 sukses menjaring sedikitnya 9.000 orang nasabah dan dilayani di 25 toko Alfamart dan 10 toko Alfamidi.

Direktur Utama Bank Sampoerna Ali Rukmijah mengatakan, TASAKU merupakan terobosan Bank Sampoerna yang bekerjasama dengan Alfamart dan Alfamidi untuk
masyarakat yang masih belum terbiasa mendapatkan Iayanan perbankan karena Iokasi mereka yang jauh dari kantor bank.

”Banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau mendapatkan Iayanan perbankan dan Iayanan keuangan karena bertempat tinggal di Iokasi yang jauh

dari kantor bank atau adanya biaya atau persyaratan yang memberatkan. Sangat tepat jika Bank Sampoerna menggandeng Alfamart dan Alfamidi lewat Produk TASAKU ini,” ucap Ali di sela-sela peresmian TASAKU, Kamis (27/10/2016).

TASAKU merupakan produk tabungan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau Iayanan keuangan. Selain
itu, juga melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antarwilayah di Indonesia, terutama antara desa dan kota.



Saat ini TASAKU Sudah dilayani di 200 toko yang terdiri dari 10 toko Alfamidi dan 190 toko Alfamart yang tersebar di Kota Surabaya dan Sidoarjo.

Ong Tek Tjan selaku Direktur UKM, Funding, Fl dan Jaringan Kantor Bank Sampoerna menambahkan, dengan melihat antusias masyarakat terhadap TASAKU pada pilot project kemarin, perusahaan menambah jumlah toko yang dapat melayani TASAKU yaitu sebanyak 200 toko Alfamart dan Alfamidi yang tersebar di Surabaya dan Sidoarjo. ”Target kami dengan ditambahnya jumlah toko ini akan menjaring sedikitnya 20.000 nasabah hingga akhir tahun 2016,” ujarnya.

TASAKU memiliki beberapa keunggulan, setoran awal yang ringan, transaksi bisa dilakukan di seluruh toko Alfamart dan Alfamidi yang terpasang stiker logo SAKU,
transaksi dapat dilakukan hingga malam hari, menabung tanpa biaya administrasi, uang tabungan bisa diambilkan dari kembalian belanja.

"Dengan keunggulan ini, masyarakat diharapkan bisa menabung secara praktis dan bertransaksi dengan mudah," Ianjut Ong.


TASAKU merupakan bukti nyata dukungan Bank Sampoerna terhadap Program LAKU PANDAI (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Finansial Insklusif) yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beberapa waktu yang lalu.

Perwakilan dari Grup Sampoerna Strategic, Siriwan Aramserewong menambahkan bahwa kerja sama ini merupakan wujud komitmen pemegang saham yang tak hanya
dalam bentuk pembiayaan dan permodalan, tapi juga brand value, knowledge dan skill yang akan membawa Bank Sampoerna tumbuh berkelanjutan.

Sementara itu Hans Haris Chandra selaku People Business Development Director Alfamart mengatakan, kerja sama ini merupakan sinergi bisnis yang strategis. "Kami berharap kerja sama ini mampu memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Jadi, saat
ini konsumen punya pilihan apakah uang kembalian belanjanya mau dikembalikan, didonasikan, atau ditabung," ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan dari OJK yaitu Agus Sugiarto selaku Kepala Departemen 3 OJK, perwakilan pejabat Pemerintahan Kota Surabaya, perwakilan Alfamart yaitu Hans Haris Chandra selaku People Business Development Director Alfamart dan Yohanes Santoso Operation Director Alfamidi, perwakilan dari Grup Sampoerna Strategic, Siriwan Aramserewong serta Manajemen Bank Sampoerna antara lain Ali Rukmijah selaku Direktur Utama Bank Sampoerna, Ong Tek Tjan selaku Direktur UKM, Funding, Fl dan Jaringan Kantor Bank Sampoerna, Lie Liliana selaku Direktur Operasi dan Tehnologi
lnformatika dan beberapa senior level manajemen Bank Sampoerna.

Pada kesempatan yang sama, Bank Sampoerna juga memberikan voucher TASAKU kepada sebanyak 100 pedagang. Hal ini merupakan bentuk kepedulian sosial perusahaan kepada sektor usaha mikro di lingkungan sekitarnya.

Acara dan Kegiatan di atas menjadi Trending Topik Top Ten di dunia Sosial Media (Sosmed).

Kita tunggu saja langkah Bank Sahabat Sampoerna selanjutnya di mana selama ini terutama di Jakarta mengadakan kegiatan Bisnis Digital UKM dengan beberapa mitranya termasuk Komunitas Tau Dari Blogger (TDB) setiap minggunya di gedung Sampoerna Strategic nan megah menjulang.


Salam KOPI.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar